Social Icons

Sabtu, 30 April 2016

TUTORIAL MICROSOFT OFFICE WORD

A.    Cara Mengatur ukuran Kertas (Page Payout) pada Microsoft Office Word 
Untuk mengatur ukuran kertas pada microsoft office word, langkah-langkahnya adalah :
    1.      Klik page layout pada menu bar microsoft office word
    2.      Pada kolom page setup, pilih pengaturan yang kita inginkan yang meliputi: orientation, size, coloums
   3.      Atau kita bisa memilih margin untuk memilih detail dari pengaturan. Ketika kita memilih margin maka akan terdapat pilihan kebawah yan meliputi las custom setting, normal, narrow, moderate dan lain-lain. akan tetapi jika kita ingin mengatur custom setting sesuai dengan keinginan kita maka pilih custom margins pada menu bagian bawah.


    4.      Kemudian akan muncul jendela Page Setup, disana terdapat pengaturan margin, paper dan layout.
    5.      Pada menu margin terdapat pengaturan margin: left, right, top dan bottom. Orientation: Portrait dan Landscape dan lain lain.
    6.      Pada menu paper, kita bisa mengatur ukuran kertas sesuai yang kita inginkan. klik paper size untuk memilih ukuran kertas yang diinginkan misalnya letters, A4, A5, Legal dan lain-lain. Atau kita bisa membuat custom paper sesuai dengan keinginan kita dengan menggati ukuran Width danHight.

    7.      Pada menu Layout kita bisa mengatur Section, Header dan Footer.

    8.      Setelah semuanya selesai maka klik OK.




B.     Cara membuat nomer halaman pada microsoft office word
Langkah pertama adalah klik menu insert, kemudian klik page number, dan pilih salah satu posisi yang kita inginkan. Misalnya kita akan membuat halaman yang berada dibawah dan dibagian tengah maka kita klik bottom of page dan pilih plain number 2.


   Maka hasilnya akan menjadi seperti ini, nomer halaman berada dibawah.


Dan apabila kita ingin membuat halaman yang berada diatas dan di bagian sebelah kanan maka kita klik top of page dan pilih plain number 3.


   Maka hasilnya akan menjadi seperti ini, nomer halaman berada diatas.



Kemudian apabila kita ingin membuat nomer halaman dengan format lainnya misalnya romawi atau huruf, maka caranya adalah: klik Insert – Page Number – Format Page Numbers.

Kemudian klik number format dan pilih format yang kita inginkan. Setelah selesai dipilih selanjutnya klik OK.


Atau jika kita ingin nomer halamannya dimulai dari urutan tertentu, misalnya dari angka romawi ii bukannya i maka bisa dengan memilih Page numbering – Start at dan pilih sendiri mau mulai dari nomor berapa. Pilihan yang muncul di panel ini akan tergantung pilihan step di atas. Kemudian klik OK.



C.     Cara membuat footnote atau catatan kaki di word
    1.      Kita buka dokumen yang akan diberi catatan kaki.
   2.      Kemudian kita letakkan kursor di akhir kata yang akan di beri footnote, setelah itu klik menu reference lalu klik insert footnote.


    3.      Kemudian secara otomatis di akhir kata tadi ada huruf kecil, kemudian kita akan di arahkan ke bawah halaman dan kita berikan keterangan dari kata yang di kasih footnote tadi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample Text

 
Blogger Templates